indahnya INDONESIAku (bagian akhir) : Memori masa lalu

Masa lalu bisa dibilang jejak sejarah. Indonesia sendiri juga memiliki garis sejarah tersendiri. Sebuah garis yang dapat ditarik dari benda-benda yang masih dapat terlihat secara kasat mata. Sebuah garis yang dapat menyatu menjadi kisah sejarah tersendiri. Indonesia tidak hanya terkenal sebagai negara yang kaya alam yang indah. Indonesia juga tidak hanya dikenal memiliki orang-orang ramah. Indonesia juga tidak hanya memiliki budaya yang unik. Tetapi Indonesia memiliki benda dan gedung yang bersejarah.

Di berbagai belahan daerah Indonesia, pasti memiliki keunikan benda dan bangunan yang bertebaran banyak sekali, mulai dari yang terawat hinggga tak layak lagi. Kali ini, hanya sebagian kecil saja yang akan muncul. Indonesia dengan benda-benda peninggalan hingga bangunan yang memiliki cerita tersendiri di masa lalu.

pintu-benteng



BENTENG TERLUAS. Namanya Benteng Wolio, terletak di pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Benteng Wolio berbentuk melingkar dengan panjang keliling 2.740 meter dan luas sekitar 23 Ha ini, pernah measuk rekor MURI dan Guinness World Record pada september 2006. Menyusuri Benteng Wolio tidak hanya akan terkagum pada kekokohan bagunan dari tahun 1500an tersebut, tetapi juga akan dihibur pemadangan alam yang eksotik dan hawa menyejukkan. Orang Buton menyebutnya sebagai pintu perbatasan kawasan keraton.

Sunplus

MASJID UNIK. Si Surabaya terdapat masjid dengan arsitektur nuansa klenteng. Yap, memang masjid didirikan oleh seorang muslim yang juga masih keturunan Cina. Namanya Masjid Cheng Ho. Masjid Cheng Ho terletak di dalam kompleks perumahan. Tidak terletak di pinggir jalan utama, seperti masjid besar lainnya. Warna-wanra masjid Ceng Ho juga seperti klenteng yaitu dominasi merah dan kuning. Relief naga dan patung singa sebagai refleksi warga Cina. Layaknya masjid pada umumnya, masjid Cheng Ho juga memiliki alat bedug, menara dan tulisan ALLAH.

masjid deli

MASJID BERSEJARAH. Di pusat kota Medan, Sumatra Utara, terdapat Masjid Deli sebagai salah satu peninggalan kesultanan Deli. Memasuki masjid Deli, langsung bertemu dengan guide yang setia menceritakan segala hal tentang sejarah masjid ini, arsitektur di dalam juga tidak kalah menarik bila dibandingkan dengan arsitektur luarnya. Lapangan masjid pun luas yang memudahkan Anda foto gedung secara keseluruhan.

pakaian-pangeran

 

BARANG2 ABAD LALU. di museum2 di Indonesia, biasanya memajang beragam peninggalan masa lalu, salah satunya pakaian ini, terletak di museum Banten. Seru aja melihat barang2 pada masa lalu yag umumnya unik dan bagus, dan kualitasnya yang tidak mudah termakan jaman.


gua-istana-banten-girang

GOA. Kalau yang ini namanya Goa Banten, konon, pada jaman presejarah digunakan sebagai tempat tinggal, tetapi sejak peradaban manusia mulai maju, khususnya sejak kesultanan Banten mulai berdiri, goa tersebut adalah pintu luar istana sekaligus tempat penjagaan istana kesultanan Banten. Hhmm... bayangkan saja berapa lama umur tuh goa. Tapi masih tetep kokoh walau ruang di dalamnya sempit dan bawahnya tergenang air selutut manusia. Goa banten juga tidak terletak di pusat kota, Anda harus masuk ke sebuah gang, pokoknya ada tulisannya Masuk ke Goa Banten Girang, terus melewati jembatan dan menyusuri bukit mini yang sekaligus pemukiman penduduk, seru sih.

Unknown

BATU UNIK. Kalau yang ini, kalo enggak salah ya, soalnya agak lupa, namanya Watu Kuto, sebagai salah satu titik wisata di kawasan Bromo, Jawa Timur. Memang terbentuk secara alami, kayak binatang Singa ya, dikelilingi oleh hamparan pasir putih, khas Bromo.

100-3203

UANG. Di museum, kebanyakan juga menyajikan beragam jenis uang logam hinggga uang kertas, yang berlaku dari jaman ke jaman. Beragam.

kamali-or-istana

ISTANA KESULTANAN. Beberapa lokasi wisata masih melestarikan bangunan yang dahulu pernah menjadi rumah sultan. Seperti pada foto tersebut, adalah milik salah satu sultan di Kesultanan Buton. Terbuat dari kayu dan miri rumah panggung. Saat ini, dihuni oleh ahli warisnya.

Sepertinya benda dan bangunan yang memiliki nilai sejarah tinggi, patut untuk diperhatikan, karena mendalaminya satu per satu sebenarnya mengasikkan, cuma saya memiliki keterbatasan ingatan tentang detail masing-masing sejarah.

*berdasarkan pengetahuan wuri selama perjalanan dan sedikit ilmu pasti dari internet. ini hanya foto2 sebagian kecil dari album foto digital yang penuh di CD. kalo semua foto mah kagak cukup.

Bagian pertama.

Bagian kedua.

Comments